Desa Nagrog mendapat juara 1 bersama desa terbaik dalam Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2018 dibuka Presiden RI Joko Widodo, Jumat 19 Oktober 2018. TTG sudah dilakukan sejak tahun 1999. TT. -- selengkapnya...

Artikel

Anggaran Dana Desa Naik Jadi Rp 73 Triliun Tahun Depan

05 November 2018 03:47:55  Administrator  1.159 Kali Dibaca  Berita Regional dan Nasional

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, anggaran dana desa di 2019 naik Rp 13 triliun menjadi Rp 73 triliun dari yang sebelumnya Rp 60 triliun.

"Dana desa tahun depan dinaikkan menjadi Rp 73 triliun dari Rp 60 triliun," kata Eko di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Selasa (7/8/2018).

Kenaikan anggaran dana desa, kata Eko penggunaannya akan dimusyawarahkan oleh masing-masing kepala desa namun diprioritaskan kepada pemberdayaan ekonomi seperti cash for work atau padat karya tunai.

"Cash for work tetap, programnya nggak ada perubahan. Cuma walau koridornya tetap, karena infrastruktur di banyak desa sudah banyak tercapai jadi itu sudah otomatis dari desa-desa akan mengarahkan ke pemberdayaan ekonomi," jelas dia.

Sementara itu, dalam rancangan anggaran pendaatan dan belanja negara (RAPBN) tahun anggaran 2019 pemerintah tetap akan menaikkan anggaran infrastruktur. Meskipun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan prioritas program pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sekertaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan bahwa ada kenaikan anggaran yang cukup tinggi pada sektor infrastruktur.

"Ada kenaikan infrastruktur di 2019. Angka di atas Rp 110 triliun," kata Pramono.

Dia menceritakan, titik fokus pemerintahan di 2019 tetap pada peningkatan kualitas SDM. Sebab, pembangunan infrastruktur telah gencar dilakukan selama empat tahun ke belakang.

"Harapannya tahun 2019 terutama kita ingin mendapatkan SDM yang lebih berkualitas yang siap tarung untuk perubahan dunia dan bisa menopang Indonesia sebagai negara dengan penduduk terbesar keempat di dunia. GDP Indonesia sudah masuk G-20, dalam persaingan global itu apapun SDM menjadi yang sangat penting dan itulah yang menjadi konsentrasi Presiden," jelas dia.

RAPBN 2019, lanjut Pramono pun lebih difokuskan kepada vokasi guna menghadapi revolusi industri 4.0. Adapun, anggaran infrastruktur yang disediakan pada tahun depan pun sebagai penunjang pengembangan SDM.

"Infrastruktur secara menyeluruh, perbaikan infrastruktur darat, laut, udara. Untuk berkaitan dengan penyediaan SD, SMP yang banyak terbengkalai," tutup dia. (ara/ara)

Sumber : Detikfinance.com

Ryani sugianti utami
12 November 2018 05:21:53
Assalamu’alaikum bapak ibu.., izin perkenalkan saya ryani beserta kelompok saya 4 orang dari unpad jurusan ilmu pemerintahan akan mengadakan kunjungan ke desa nagrog ini tujuannya ingin mencari informasbdan meneliti terkait dengan tata kelola pemerintahan desa nagrog mengingat desa nangrog ini merupakan juara 1 desa terbaik se jabar. Kami diberikan tugas lapangan untuk ke desa desa dalam mata kuliah sistem pemerintahan desa mengenai village governance. Maka dari itu kami meminta izin kepada bapak ibu untuk menjadi narasumber kami dan izin kami akan mengadakan suatu kuesioner penilaian kepuasan publik terhadap tata kelola desa nya ke masyarakat bu pak. Insyaallah kami akan mengunjungi desa nangrog jumat 16 nov setelah jumatan. Apakah bapak ibu bersedia ? Untuk suratnya akan kami kirimkan cepatnya terimakasih bu pak. Untuk informasi kontaknya dapat menghubungi saya di email :)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

e-Calendar

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur km.33 Nagrog, Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat 40395
Desa : Nagrog
Kecamatan : Cicalengka
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40395
Telepon : 0227949350
Email : desanagrog2@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:56
    Kemarin:378
    Total Pengunjung:299.765
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.221.110.87
    Browser:Tidak ditemukan