Desa Nagrog mendapat juara 1 bersama desa terbaik dalam Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2018 dibuka Presiden RI Joko Widodo, Jumat 19 Oktober 2018. TTG sudah dilakukan sejak tahun 1999. TT. -- selengkapnya...

Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 19:38:09  Administrator  27.312 Kali Dibaca 

SEJARAH SINGKAT DESA NAGROG

  

Menurut penelurusan sejarah berdasarkan beberapa pakta dan keterangan Desa Nagrog berdiri sejak Tahun 1918  pada masa kolonial Belanda. Kepala desa atau istilah jaman itu adalah Lurah adalah Raden Marta Diredja.

Pada masa kepemimpinan Raden Kartawiria, sebagai Kepala Desa Nagrog atau pada Tahun  1936 dibeli sebidang tanah yang berada di blok Warunglahang seluas 2883 m3 yang pada saat ini berdiri Kantor Desa Nagrog dan Sebuah Sekolah Dasar.

Silsilah kepemimpinan kepala desa Nagrog setelah dipimpin oleh Raden Martadiredja, dilanjutkan oleh Raden Satrawiria sekitar tahun 1926. Dan pada tahun 1934 desa Nagrog dipimpin oleh Raden Kartawiria, kemudian pada tahun 1942 dilanjutkan oleh Raden Memed. Kemudian di era kemerdekaan Kepala Desa Nagrog adalah Raden Rusman yang memimpin Desa Nagrog pada sekitar tahun 1950, dilanjutkan oleh Lurah Latif pada tahun 1958, sedangkan pada tahun 1966 kepala desa nagrog adalah bapak Muslih yang menjabat cukup lama dan pada masa kepemimpinannya diadakan pemekaran wilayah desa Nagrog yang melihat dari segi luas wilayah dan penduduk merupakan suatu kebutuhan untuk diadakan pemekaran, maka diadakan pemekaran dengan nama desa pemekaranya adalah desa Babakan Peuteuy. Sedangkan desa induk adalah Desa Nagrog, dan yang menarik disini adalah nama desa Nagrog menjadi desa induk padahal di wilayah desa Nagrog pada saat ini tidak ada wilayah atau kampung yang bernama Nagrog, kampung Nagrog sendiri masuk kewilayah desa pemekaran yaitu desa Babakan Peuteuy yang terletak di kampung Babakan Peuteuy pada saat ini, sehingga sampai hari ini pun banyak surat surat yang alamatnya kadang nyasar ke desa Nagrog, padahal yang seharusnya masuk ke alamat desa babakan Peuteuy.

Kepemimpinan Kepala Desa Nagrog hasil pemekaran dilanjutkan oleh bapak  Unang Mulkan yang menjabat selama 2 periode kepemimpinan atau antara tahun 1983 sampai dengan tahun 1999, pada Tahun 1996 dibangun Gedung Olahraga Desa Nagrog yang merupakan sarana untuk kegiatan olahraga  selain sarana untuk balai pertemuan desa.

Pada Tahun 1999 diadakan pemilihan Kepala Desa pada era Reformasi dan terpilih pada saat itu yaitu Bapak Aa Kartiwa sebagai Kepala Desa Nagrog yang memimpin untuk periode selama 1999 sampai dengan 2006, dan pada Pilkades tahun 2006 bapak Aa Kartiwa terpilih kembali secara mutlak untuk memimpin Desa Nagrog untuk periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2012.

Tantangan pada masa kepeminpinan kepala desa Aa Kartiwa adalah  dinegara kita pada saat itu sedang terjadi krisis  moneter sekitar tahun 1999 merupakan puncak krisis yang berdampak pada segi kehidupan ekonomi yang labil, angka pengangguran yang meningkat akibat sektor industri  banyak yang gulung tikar.

Berbagai prestasi diraih pada masa kepemimpinan Kepala Desa Aa Kartiwa di periode yang kedua, pada Lomba Desa Tahun 2008 Desa nagrog berhasil menjadi Juara Kedua lomba Desa tingkat Kabupaten Bandung.

Pada masa kepemimpinannya pun berhasil di bangun Aula Rapat Desa Nagrog pada tahun 2010, dengan menggunakan alokasi anggaran dari bantuan pemerintah melalui Program Penguatan Prasarana Desa (P4) dan Alokasi dana Perimbangan Desa.

Sebagai buah dari jerih payah seluruh warga Desa Nagrog  pada 2010, digulirkan program fenomenal di propinsi Jawa Barat yaitu Program Desa Peradaban atau dalam istilah resminya adalah Program Desa Mandiri Dalam Permujudan Desa Peradaban dan Desa Nagrog menjadi salah satu dari 100 desa di jawa Barat yang menjadi sasaran program tersebut.

Dengan program tersebut mulailah dibangun berbagai macam kegiatan Infrastruktur dan penguatan perekonomian Desa memalui Bumdes.

Pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2012 terpilihlah Ibu Eti Suhartini sebagai Kepala Desa Nagrog Periode Berikutnya, namun pada  Bulan Maret 2013 Beliau Mengundurkan Diri sebagai Kepala Desa Nagrog, dan tampuk kepemimpinan Desa Nagrog dijabat oleh seorang Penjabat Kepala Desa yaitu Bapak Gun Gun Suganda,, sampai menjelang Pemilihan Kepala Desa Serentak pada bulan April 2015.

Pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Bandung, termasuk Desa Nagrog dilaksanakan pada tanggal 5 April 2015, dan terpilihlah Bapak Gun gun Suganda, untuk memnjabat kepala desa periode 2015 – 2021. Dengan visi mewujudkan Desa Nagrog yang Maju Mandiri Sejahtera dan Berdaya saing.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

e-Calendar

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur km.33 Nagrog, Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat 40395
Desa : Nagrog
Kecamatan : Cicalengka
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40395
Telepon : 0227949350
Email : desanagrog2@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:29
    Kemarin:378
    Total Pengunjung:299.806
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.62.124
    Browser:Tidak ditemukan