Desa Nagrog mendapat juara 1 bersama desa terbaik dalam Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2018 dibuka Presiden RI Joko Widodo, Jumat 19 Oktober 2018. TTG sudah dilakukan sejak tahun 1999. TT. -- selengkapnya...

Artikel

36 Warga Desa Nagrog Dibekali Tata Cara Pengurusan Jenazah

20 Mei 2019 02:54:06  Administrator  4 Kali Dibaca  Berita Desa

36 Warga Desa Nagrog Dibekali Tata Cara Pengurusan Jenazah

 

Engkos Kosasih 
ekosgala@gmail.com


Engkos Kosasih

SETIAP makhluk hidup pasti akan menghadapi kematian. Begitu juga dengan manusia, sebagai khalifah di muka bumi dihadapkan pada proses kematian yang tak bisa ditolak dan dihindari. 


Untuk itu, mengurus orang yang meninggal dunia hukumnya fardhu kipayah, mulai dari memandikan, mengkampani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah tersebut. Tata cara pengurusan jenazah itu harus sudah dipahami oleh orang yang sudah balig, dalam upaya mnjalankan kewajibannya mengurus orang yang sudah wafat.
 
Berkaitan dengan kewajiban manusia hidup terhadap orang yang sudah meninggal, Pemerintah Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung turut melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah di Kantor Kepala Desa Nagrog dan GOR Desa Nagrog, Minggu (19/5/2019). Hal itu bagian dari program pemberdayaan masyarakat desa dengan menggunakan anggaran dana desa 2019. 

Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda, S.Pd.I, serta Dosen Uninus Bandung Drs. K.H. Komarudin AFZ, M.M.Pd., dan tokoh masyarakat setempat Ustadz Ayi Muhidin, S.Ag., turut hadir di tengah-tengah 36 peserta pelatihan pengurusan jenazah tersebut.

Pelatihan pengurusan jenazah ini menarik perhatian kaum laki-laki maupun perempuan yang ada di lingkungan pemerintahan Desa Nagrog. Mereka juga terlihat antusias, ingin mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang mengurus orang yang meninggal. 

Masing-masing warga yang ada di 18 RW Desa Nagrog, juga turut dihadirkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam pengurusan jenazah. Karena tidak setiap warga memahami tata cara pengurusan jenazah. 

Para peserta yang hadir pada pelatihan pengurusan jenazah itu, lebih awal dibekali uraian materi dari kepala desa kemudian dari para narasumber yang hadir. Kemudian, para peserta langsung praktek tentang tata cara pengurusan jenazah. 

Dalam pelaksanaan prakteknya dibagi dua kelompok, khususnya dalam pelatihan pengurusan jenazah laki-laki dan perempuan. 
K.H. Komarudin menyebutkan, kegiatan pelatihan pengurusan jenazah ini untuk memberikan pembelajaran yang bermakna kepada puluhan warga setempat. 

"Dengan harapan, disaat ada warga yang meninggal dunia, mereka langsung mempraktekkannya di wilayahnya masing-masing," ungkapnya. 

Ia pun menyatakan, pelatihan pengurusan jenazah ini sangat penting, terutama bagi mereka yang belum memahaminya.
"Kenapa dilaksanakan acara ini, karena  ada sebagian masyarakat yang masih belum memahami dalam melaksanakan pengurusan jenazah," ungkapnya.

Kemudian pelaksanaannya bertepatan dengan bulan suci Ramadan, karena berkaitan dengan tahapan anggaran dana desa yang bertepatan dengan bulan alquran ini. Sehingga para peserta yang melaksanakan pelatihan pengurusan jenazah bisa sambil ngabuburit, meski pelaksanaannya disiang hari.

Editor: Kiki Kurnia

http://www.galamedianews.com/bandung-raya/223107/36-warga-desa-nagrog-dibekali-tata-cara-pengurusan-jenazah.html

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

e-Calendar

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur km.33 Nagrog, Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat 40395
Desa : Nagrog
Kecamatan : Cicalengka
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40395
Telepon : 0227949350
Email : desanagrog2@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:414
    Kemarin:176
    Total Pengunjung:304.068
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.153.38
    Browser:Mozilla 5.0